Aksi Unras HMI, Polres Banjarbaru Lakukan Pengamanan Secara Humanis

oleh -22 views

Banjarbaru – Kapolres Banjarbaru AKBP Nur Khamid, S.H., S.I.K., M.M memimpin langsung pengawalan dan pengamanan aksi unjuk rasa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Banjarbaru di Balai Kota Pemerintah Kota Banjarbaru Jl. Pangliman Batur No. 01 Kel. Mentaos Kec. Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru, Kamis (28/10) sore.

Pengamanan itu di lakukan di depan Balai Kota Banjarbaru, tampak Kapolres Banjarbaru di dampingi PJU Polres Banjarbaru, Kapolsek Banjarbaru Kota, Personel Kodim 1006/Banjar, Personel Polres Banjarbaru dan Satpol PP Kota Banjarbaru yang hadir mengawal jalannya aksi unjuk rasa pada hari ini.

Kapolres Banjarbaru mengatakan, bahwa pihaknya selalu mengedepankan dan mempersiapkan pengamanan secara humanis saat mengawal setiap unjuk rasa tidak terkecuali aksi pada hari ini. Aksi unjuk rasa dari HMI Banjarbaru menghadirkan sedikitnya 50 massa di depan Balai Kota Banjarbaru.

“Selain mengedepankan pengawalan humanis, Polres Banjarbaru juga mengedepankan komunikasi dengan perwakilan massa aksi, saya juga telah menyampaikan kepada jajaran untuk mengikuti arahan pimpinan, sabar dan ikhlas dalam melakukan pengamanan, jikapun terjadi dinamika, sesuaikan dengan cara bertindak yang sesuai dengan SOP, jangan sampai melakukan tindakan represif apalagi kekerasan yang eksesif,’’ ucap AKBP Nur Khamid.

Rombongan massa aksi mendatangi Balai Kota dengan berjalan kaki dari Kawasan Minggu Raya. Sesampainya di depan Balai Kota, massa aksi langsung memulai orasinya secara bergantian. Terlihat Personel Polres Banjarbaru yang sudah sedari awal bersiaga di sekitar lokasi untuk melaksanakan pengamanan pada kegiatan tersebut.

Dalam tuntutannya pada aksi Unras hari ini, HMI Kota Banjarbaru menuntut Pemerintah Kota Banjarbaru untuk mendukung dan memfasilitasi kegiatan pemuda yang akan diselenggarakan oleh organisasi kepemudaan yang ada di Kota Banjarbaru khususnya CIPAYUNG Kota Banjarbaru agar dapat meningkatkan indeks Pembangunan Pemuda Kota Banjarbaru.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Banjarbaru Wartono, S.E menemui secara langsung masa aksi dan menanggapi terkait apa yang menjadi tuntutan dari massa aksi.

“Harapan kami adanya koordinasi yang baik antara Pemerintah Kota dengan Pemuda di Kota Banjarbaru, Pemerintah Kota sangat senang dengan adanya keterlibatan semua lapisan masyarakat khususnya peran Pemuda di setiap permasalahan yang ada di Kota Banjarbaru. Harapan kami bahwa adik-adik berkontribusi dengan Pemerintah Kota dan kami pasti akan memfasilitasi demi kebaikan dan kemajuan Kota Banjarbaru, Kami tetap akan berusaha sekuat kami untuk kemajuan Kota Banjarbaru,” jelasnya.

Tuntutan HMI Kota Banjarbaru tersebut pun kemudian ditandatangani oleh Wakil Walikota Banjarbaru dengan disaksikan oleh Ketua HMI Kota Banjarbaru dan massa aksi pada hari ini. Setelah tuntutan yang disampaikan mendapat tanggapan dari pihak Pemkot massa aksi kemudian membubarkan diri secara teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *