Polres Banjarbaru Salurkan Dana Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW)

oleh -57 views

Banjarbaru – Pandemi Covid-19 yang saat ini tengah dirasakan tidak hanya memberikan dampak bagi kesehatan melainkan juga berdampak pada sektor perekonomian.

Oleh karena itu, Pemerintah telah meluncurkan Program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) yang merupakan bentuk dukungan bagi pelaku usaha, khususnya sektor usaha mikro di tengah pandemi Covid-19 bagi Wilayah yang terdampak PPKM Level IV.

Guna memberikan dukungan bagi yang terdampak khususnya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), untuk itu Pemerintah telah meluncurkan program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) di masing-masing daerah yang terdampak PPKM Level IV.

Adapun penyaluran bantuan dari Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo khusus di Kota Banjarbaru turut dibantu oleh Polres Banjarbaru sebagai penyedia tempat dan pelaksanaanya. Penyaluran bantuan itu berlangsung di Aula Joglo Polres Banjarbaru, Sabtu (25/09/2021) pagi.

Kapolres Banjarbaru AKBP Nur Khamid, S.H., S.I.K., M.M., melalui Wakapolres Banjarbaru Kompol Boma Wedhayanto Purnomo, S.E., S.I.K., menyebutkan target keseluruhan bantuan akan disalurkan sebanyak 3.800 orang yang sebelumnya telah terdata oleh personel Bhabinkamtibmas, namun yang terverifikasi hanya 2.426 orang saja.

Pada pendistribusian Tahap Pertama BTPKLW Polres Banjarbaru dengan target Sasaran Penerima sebanyak 200 orang, dan yang sudah tersalurkan sebanyak 192 orang penerima dan 8 orang penerimaan tidak bisa hadir yang direncanakan perubahan jadwal pendistribusiannya.

Bantuan yang diserahkan berupa uang tunai sejumlah Rp 1.200.000,- (Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah)

“Penyerahan Bantuan Langsung Tunai kepada Pedagang Kali Lima dan Warung (BLTPKLW) dari Pemerintah bertujuan membantu masyarakat untuk dapat menopang kebutuhan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan dapat digunakan sebaik-baiknya atau menjadi modal tambahan untuk usahanya,” jelas Wakapolres Banjarbaru.

Selain sebagai kompensasi atas kerugian ekonomi akibat pembatasan, bantuan juga diharapkan menjadi sinyal untuk menggerakkan kembali ekonomi masyarakat di tingkat bawah, lanjutnya.

Sementara itu, terdapat syarat bagi pedagang yang bisa menerima BTPKLW yaitu pedagang yang memiliki lokasi usaha spesifik berada di wilayah PPKM Level IV , bantuan ini juga diperuntukkan bagi pedagang yang belum pernah menerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Kegiatan Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW), dihadiri juga oleh Kabag Ops, Kasat Binmas, Kasi Keu Polres Banjarbaru serta Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Banjarbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *