Kapolres Banjarbaru Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan Patuh Intan 2021

oleh -57 views

Banjarbaru – Polres Banjarbaru melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Bidang Lalu Lintas dengan sandi “Ops Patuh Intan 2021” yang dilaksanakan di Halaman Mako Polres Banjarbaru, Senin (20/9/2021).

Pada apel yang diikuti oleh jajaran Polres Banjarbaru, Anggota TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Banjarbaru AKBP Nur Khamid, S.H., S.I.K., M.M.

Dimulainya Operasi Patuh Intan 2021 sendiri ditandai dengan pemasangan pita tanda operasi oleh Kapolres Banjarbaru selaku Pimpinan Apel kepada perwakilan penerima penyematan pita tersebut.

Dalam apel tersebut, Kapolres Banjarbaru membacakan amanat Kapolda Kalimantan Selatan, IRJEN POL Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. Disampaikannya, permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi, sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya

“Mengingat kini kita tengah dalam massa pandemi Covid-19, maka Polantas juga harus mengembangkan kinerja dan bagaimana cara bertindak Polantas, sesuai dengan perkembangannya sehingga kita dapat menggambil langkah yang bijak dalam pelaksanan tugas,” sambut Kapolda Kalsel.

Lebih lanjut disampaikan, Kepolisan Daerah Kalimantan Selatan secara serentak menggelar Operasi Patuh Intan 2021 selama 14 hari mulai dari tanggal 20 September sampai dengan 3 Oktober 2021. Dalam rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas di tengah pandemi Covid-19 di daerah hukum Polda Kalsel.

“Berbeda dengan Operasi Patuh Intan pada tahun-tahun sebelumnya, di masa pandemi Covid-19, khususnya di tahun 2021 ini, untuk pelaksanaan Operasi Patuh Intan lebih berorientasi terhadap kegiatan menekan meningkatnya penyebaran Covid-19 di wilayah kita,” lanjutnya.

Dalam pelaksanaan Operasi Patuh Intan 2021, 100% akan dilaksanakan secara preemtif, preventif, dan persuasif humanis. Untuk itu Polres jajaran dapat menyesuaikan dengan trend dan karakteristik di kewilayahan masing-masing, dengan mengedepankan kegiatan yang selaras dengan program penanggulangan Covid-19 yang dilaksanakan oleh Pemerintah.

“Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, maka Operasi ini dilaksanakan tanpa tindakan represif tapi mengutamakan tindakan preemtif berupa kegiatan edukasi Protokol Kesehatan dan tertib berlalu lintas kepada masyarakat seperti kegiatan bakti sosial, pembagian masker, pemasangan stiker serta memberikan pendidikan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang Protokol Kesehatan dan cara aman berlalu lintas yang benar, adapun dalam pelaksanaanya dilakukan dengan Tindakan Kepolisian yang humanis mengedepankan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun),” tambahnya.

Ditandaskan untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dari komponen masyarakat bertindak dengan humanis dan selalu berkoordinasi satu dengan lainnya, sehingga apa yang menjadi sasaran dan tujuan Operasi ini dapat tercapai.

“Terakhir, selalu berdoa dan mengucap syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap pelaksanaan tugas sehingga apa yang dikerjakan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan,” ucap Kapolres Banjarbaru seperti disampaikan Kapolda Kalsel.

AKBP Nur Khamid, S.H., S.I.K., M.M., selepas kegiatan menambahkan jika sesuai dengan amanat dari Kapolda Kalsel bahwa target dari Ops Patuh ini adalah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta mencegah terjadinya kerumunan massa, terciptanya Kamseltibcarlantas, menurunkan jumlah fatalitas korban laka lantas serta menurunkan level PPKM.

“Seluruh Anggota juga kita ingatkan agar tidak kontradiktif melakukan pelanggaran dalam Operasi ini, para Personel agar dapat memberikan contoh dalam hal berlalu lintas yang baik dan benar kepada masyarakat dan menjadi pelopor dalam keselamatan berlalu lintas,” tutup orang nomor satu di Polres Banjarbaru tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *